|
||||
Oleh
:
ERLINA ANDRIYANTI, S.Pd
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah
dengan mengucap syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat dan
HidayahNya pada kami, sehingga kami dapat mewujudkan sebuah alat peraga
pembelajaran yaitu “ Hidroponik “.
Kami
menyadari tentunya banyak kekurangan dalam membuat alat peraga ini. Dengan
keterbatasan kemampuan kami mencoba mengangkat judul tersebut guna dapat
meningkatkan proses pembelajaran di Sekolah Dasar, dengan harapan semoga pendidikan
akan berhasil lebih baik lagi.
Kami
berharap kritikan dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan karya
ini. Semoga karya tulis ini bermanfaat bagi siswa terutama dalam proses
pembelajaran. Akhir kata kami berharap semoga karya tulis ini bermanfaat bagi
semua pihak yang berkepentingan, khususnya kami sebagai penulis.
B A B I
P E N D A H U L U A N
A.
LATAR BELAKANG
Pendekatan pembelajaran adalah upaya yang
dilakukan guna membuat siswa secara aktif dan berminat dalam mengikuti
pembelajaran.
Keberhasilan suatu pembelajaran tergantung
bagaimana interaksi guru dengan siswa. Interaksi guru dan siswa berjalan baik
apabila guru kompeten dalam mengelola kelas. Untuk pembelajaran sains yang
menjadi fokus dalam pembelajaran juga adanya interaksi anatara siswa dengan
obyek atau alam secara langsung. Untuk itu guru sebagai fasilitator perlu
menciptakan kondisi dan menyediakan sarana agar siswa dapat melakukan,
mengamati dan memahami obyek sains secara langsung. Dengan demikian siswa dapat
menemukan konsep dan membangun dalam struktur kognitif.
Berangkat dari hal tersebut diatas penulis sangat
berkeinginan untuk membuat alat peraga
secara sederhana bercocok tanam secara hidroponik. Pendekatan konsep merupakan
pendekatan yang menekankan pada pengenalan konsep-konsep sains. Pengenalan
konsep sangat dibutuhkan dalam mengkomunikasikan pengetahuan.
Dengan pembuatan alat peraga yang sederhana ini
besar harapan dapatmembantu siswa secara langsung memahami konsep khususnya
bercocok tanam secara hidroponik.
B.
T U J U A N
Tujuan dari pembuatan alat peraga bercocok tanam
secara hidroponik adalah :
G u r u :
1.
Memudahkan
para guru menyampaikan materi / bahan ajar kepada siswa.
2.
Mengkondisikan suasana kelas lebih menyenangkan.
3.
Membangkitkan minat para guru untuk lebih kreatif
dalam mengupayakan alat peraga yang lebih baik dalam pembelajaran.
S I S W A
1.
Memudahkan
siswa untuk menerima materi pelajaran / bahan ajar.
2.
Agar suasana
proses belajar mengajar lebih menyenangkan.
3.
Dengan adanya alat peraga Hidroponik ini siswa
akan lebih termotivasi terhadap pembelajaran yang diberikan oleh guru.
4.
Agar daya tahan ingat siswa lebih tahan lama,
sehingga hasil belajar siswa lebih baik.
B A B II
TEKNIK PEMBUATAN
A. ALAT DAN BAHAN YANG DIBUTUHKAN
1. Botol bekas minuman mineral 600 ml
2. Cutter
3. Kain flanel
4. Kapas
5. Biji sawi
2. Cutter
3. Kain flanel
4. Kapas
5. Biji sawi
B. CARA PEMBUATAN
1.
Potonglah
botol bekas air mineral dengan cutter.
2.
buat
lubang dengan menggunakan solder sebagai tempat pembuangan air apa bila nutrisi
berlebih sekaligus sebagai rongga udara yang dibutuhkan akar tanaman.
3.
Buat
beberapa lubang pada tutup botol air mineral dan selanjutnya untai dengan kain
flanel. Selanjutnya kain flanel ini sebagai tempat untuk menyalurkan air
nutrisi dari bawah botol ke tanaman.
4.
Masukkan
bibit tanaman yang siap ditanam, biasanya sudah memiliki minimal 4 daun.
5.
Isikan
nutrisi hidroponik di dalam wadah potongan aqua bagian bawah.
6.
Apabila
memungkinkan sesuaikan standar PH air dan PPM air sesuai jenis tanaman.
Dengan cara tersebut diatas anda sudah dapat bertanam dengan menggunakan sistem hidroponik. Selamat mencoba.
Dengan cara tersebut diatas anda sudah dapat bertanam dengan menggunakan sistem hidroponik. Selamat mencoba.
C.
Ragam Tanaman Hidroponik yang dilakukan secara
hidroponik.
Jenis sayuran hidroponik meliputi
Pokcoy, sawi, bayam, kangkung, kailan, selada, sladri, dan
lain-lain.
Janis buah-buahan meliputi
mentimun, melon, cabe, tomat, terong dan lain-lain.
Jenis tanaman herbal
seperti daun mint, basil, ketumbar, dan lain-lain
Jenis tanaman bunga
seperti anggrek, bunga mawar juga dapat dilakukan secara
hidroponik.
KESIMPULAN
Dengan alat bantu
peraga cara bercocok tanam hidroponik, siswa akan lebih jelas dan mengetahui
cara kerja hidroponik .
Dalam proses pembelajaran alat peraga yang telah
penulis buat, siswa akan mendapatkan pengalaman belajar secara langsung melalui
suatu tahapan proses pembelajaran, siswa akan menemukan sendiri hasilnya, serta
termotifasi untuk selalu mencoba-coba untuk menemukan cara lain yang semakin
banyak ragamnya, dan bukan lagi mendapatkan pengalaman yang instan, yang dengan
mudah saja hilang dari ingatannya.
P E N U T U P
Dengan terciptanya alat
ini, mudah-mudahan sangat bermanfaat bagi para pendidik serta para siswa,
sehingga menimbulkan suasana pembelajaran lebih menyenangkan.
Besar harapan kami atas saran dan kritik yang
bersifat membangun demi kesempurnaan dalam membuat alat peraga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar