Senin, 13 April 2015

MAKALAH HIDROPONIK

INOVASI  PEMBELAJARAN
HIDROPONIK
 
 


















Oleh  :

ERLINA ANDRIYANTI, S.Pd





KATA PENGANTAR

                        Alhamdulillah dengan mengucap syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat dan HidayahNya pada kami, sehingga kami dapat mewujudkan sebuah alat peraga pembelajaran yaitu “ Hidroponik “.

                        Kami menyadari tentunya banyak kekurangan dalam membuat alat peraga ini. Dengan keterbatasan kemampuan kami mencoba mengangkat judul tersebut guna dapat meningkatkan proses pembelajaran di Sekolah Dasar, dengan harapan semoga pendidikan akan berhasil lebih baik lagi.

                        Kami berharap kritikan dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan karya ini. Semoga karya tulis ini bermanfaat bagi siswa terutama dalam proses pembelajaran. Akhir kata kami berharap semoga karya tulis ini bermanfaat bagi semua pihak yang berkepentingan, khususnya kami sebagai penulis.


B A B  I
P E N D A H U L U A N
A.     LATAR BELAKANG

Pendekatan pembelajaran adalah upaya yang dilakukan guna membuat siswa secara aktif dan berminat dalam mengikuti pembelajaran.
Keberhasilan suatu pembelajaran tergantung bagaimana interaksi guru dengan siswa. Interaksi guru dan siswa berjalan baik apabila guru kompeten dalam mengelola kelas. Untuk pembelajaran sains yang menjadi fokus dalam pembelajaran juga adanya interaksi anatara siswa dengan obyek atau alam secara langsung. Untuk itu guru sebagai fasilitator perlu menciptakan kondisi dan menyediakan sarana agar siswa dapat melakukan, mengamati dan memahami obyek sains secara langsung. Dengan demikian siswa dapat menemukan konsep dan membangun dalam struktur kognitif.
Berangkat dari hal tersebut diatas penulis sangat berkeinginan  untuk membuat alat peraga secara sederhana bercocok tanam secara hidroponik. Pendekatan konsep merupakan pendekatan yang menekankan pada pengenalan konsep-konsep sains. Pengenalan konsep sangat dibutuhkan dalam mengkomunikasikan pengetahuan.
Dengan pembuatan alat peraga yang sederhana ini besar harapan dapatmembantu siswa secara langsung memahami konsep khususnya bercocok tanam secara hidroponik.

B.       T U J U A N
 Tujuan dari pembuatan alat peraga bercocok tanam secara hidroponik adalah :
G u r u  :
1.       Memudahkan para guru menyampaikan materi / bahan ajar kepada siswa.
2.      Mengkondisikan suasana kelas lebih menyenangkan.
3.      Membangkitkan minat para guru untuk lebih kreatif dalam mengupayakan alat peraga yang lebih baik dalam pembelajaran.
S I S W A
1.       Memudahkan siswa untuk menerima materi pelajaran / bahan ajar.
2.      Agar suasana  proses belajar mengajar lebih menyenangkan.
3.      Dengan adanya alat peraga Hidroponik ini siswa akan lebih termotivasi terhadap pembelajaran yang diberikan oleh guru.
4.      Agar daya tahan ingat siswa lebih tahan lama, sehingga hasil belajar siswa lebih baik.




B A B  II
TEKNIK PEMBUATAN
A.   ALAT DAN BAHAN YANG DIBUTUHKAN
 



  



1. Botol bekas minuman mineral 600 ml
2. Cutter
3. Kain flanel
4. Kapas
5. Biji sawi
B.      CARA PEMBUATAN

1.    Potonglah botol bekas air mineral  dengan cutter.
2.    buat lubang dengan menggunakan solder sebagai tempat pembuangan air apa bila nutrisi berlebih sekaligus sebagai rongga udara yang dibutuhkan akar tanaman.
3.    Buat beberapa lubang pada tutup botol air mineral dan selanjutnya untai dengan kain flanel. Selanjutnya kain flanel ini sebagai tempat untuk menyalurkan air nutrisi dari bawah botol ke tanaman.
4.    Masukkan bibit tanaman yang siap ditanam, biasanya sudah memiliki minimal 4 daun.
5.    Isikan nutrisi hidroponik di dalam wadah potongan aqua bagian bawah.
6.    Apabila memungkinkan sesuaikan standar PH air dan PPM air sesuai jenis tanaman.
Dengan cara tersebut diatas anda sudah dapat bertanam dengan menggunakan sistem hidroponik. Selamat mencoba.

C.    Ragam Tanaman Hidroponik yang dilakukan secara hidroponik.
Jenis sayuran hidroponik meliputi 
Pokcoy, sawi, bayam, kangkung, kailan, selada, sladri, dan lain-lain.
Janis buah-buahan meliputi 
mentimun, melon, cabe, tomat, terong dan lain-lain.
Jenis tanaman herbal 
seperti daun mint, basil, ketumbar, dan lain-lain
Jenis tanaman bunga 
seperti anggrek, bunga mawar juga dapat dilakukan secara hidroponik.




























KESIMPULAN

                 Dengan alat bantu peraga cara bercocok tanam hidroponik, siswa akan lebih jelas dan mengetahui cara kerja hidroponik .

                 Dalam proses pembelajaran alat peraga yang telah penulis buat, siswa akan mendapatkan pengalaman belajar secara langsung melalui suatu tahapan proses pembelajaran, siswa akan menemukan sendiri hasilnya, serta termotifasi untuk selalu mencoba-coba untuk menemukan cara lain yang semakin banyak ragamnya, dan bukan lagi mendapatkan pengalaman yang instan, yang dengan mudah saja hilang dari ingatannya.
       

























P E N U T U P

                 Dengan terciptanya alat ini, mudah-mudahan sangat bermanfaat bagi para pendidik serta para siswa, sehingga menimbulkan suasana pembelajaran lebih menyenangkan.

                 Besar harapan kami atas saran dan kritik yang bersifat membangun demi kesempurnaan dalam membuat alat peraga.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar